Pembelajaran TIK untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Tik adalah sebuah tanda kemajuan di bidang teknologi,yang mana kita gunakan sampai saat sekarang ini.Pembelajaran TIK sendiri tidak hanya di pelajari oleh anak normal saja tetapi anak berkebutuhan. Anak juga berhak mendapatkan pemngenalan atau pembelajaran tentang TIK ini. Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan bimbingan khusus dalam melakukan aktivitas sehari harinya.yang mana dalam beraktivitas, baik di sekolah maupun dilingkungan masyarakat mereka membutuhkan bimbingan

Pendahuluan

Perkembangan zaman merupakan salah satu faktor pendukung perkembangan teknologi,bahkan dengan perkembangan teknologi semua orang telah bnayak yang menggunkan teknologi,dari anak –anak sampai orang dewasa,dari yang mudah sampai yang tua semuanya menggunakan teknologi.

Dan tidak menutup kemungkinan untuk anak berkebutuhan khusus untuk mendapatkan ilmu pegetahuan TIK ini. Dengan adanya pembelajaran TIK di sekolah sekolah SLB akan membantu anak dalam mengembangkan bakat- bakatnya yang terpendam melalui TIK.

Pembahasan

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memerlukan bimbingan khusus dalam melakukan aktivitas sehari hari.Anak berkebutuhan khusus ini memliki kendala tertentu ataupun kesulitan tertentu baik itu dari segi fisik maupun intelektualnya.

Teknologi adalah suatu perangkat yang di gunakan untuk memudahkan suatu proses yang dilakukan manusia,seperti mencari suatu informasi baru dan lainnya.Dengan teknologi kita kan bisa mendapatkan informasi dengan cepat baik dari luar negeri ataupun dalam negeri.

Anak berkebutuhan khusus itu ada anak tunanetra, tunarungu, tunagrahita , tunadaksa, tunalaras, autis, ADHD, DLL. Semua anak tersebut memiliki kendala dan hambatan yang berbeda beda.Tentu saja dengan memiliki kendala yang berbeda tidak menutup kemungkinan anak tersebut untuk mengenal budaya teknologi, Dengan adanya pengenalan budaya teknologi kepada anak berkebutuhan khusus, hal ini akan membantu anak untuk mengembangkan potensi-potensi ataupun bakat-bakat mereka yang terpendam. Seperti anak tunadaksa yang memiliki bakat dalam bidang musik, kita bisa menggunkan teknologi dengan cara mempublikasikan kesenian anak kepada dunia maya atau yang kita kenal dengan media sosial.

Dengan adanya pembelajaran TIK ini akan membuat anak lebih mengenal dunia luar dengan luas, walaupun memiliki kekurangan baik itu dari segi fisik, mental, dan intelektual bukan suatu kendala yang harus menjadi hambatan bagi anak dalam untuk mengenal teknologi, karena semakin berkembangnya zaman teknologipun semakin maju, jadi apabila anak tersebut tidak di kenalkan dengan dunia teknologi maka akan membuat anak tersebut merasa ketinggalan dari teman temannya

Untuk penyampaian pembelajaran teknologi ini sebagai seorang guru kita harus tau bagaimana ataupun pembelajaran TIK seperti apa yang harus kita kembangkan atau kita ajarkan kepada anak. Di samping itu dalam pemberian bekal ilmu teknologi ini kita harus meminta orangtua memantau anak dalam menggunkan teknologi, dan membatasi penggunakan teknologi kepada anak demi kesehatan anak.

Kesimpulan

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki bimbingan khusus dalam melakukan aktivitas sehari-hari.dalam dunia yang semakin canggih ini maka tidak menutup kemungkinan untuk anak berkebutuhan untuk mengenal dunia teknologi, Karena dengan adanya pembelajaran teknologi juga akan menambah wawasan anak dan bisa juga mengembangkan bakat yang terpendam kepada anak

Tinggalkan Balasan